Nasi Gudeg merupakan masakan nusantara khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan campuran santan. Gudeg memiliki warna kecoklatan menambah nikmat aneka lauk yang disajikan. Gudeg bisanya dimasak dengan daun jati untuk memberikan efek tambahan warna kecoklatan tersebut.

Lalu bagaimana penyajiannya? Gudeg biasanya disajikan dengan tambahan nasi, telur, tahu, tempe, ayam, sambal goreng krecek. Krecek merupakan kulit sapi yang dikeringkan, dipotong-potong dan dijadikan kerupuk kulit. Namun demikian beberapa restoran atau catering memberikan modifikasi menu pendamping sesuai dengan selera kekinian.

Lalu bagaimana sejarahnya? Dilansir dari grid.id sekitar tahun 1500, Kerajaan Mataram Islam sedang mengalami pembangunan yang besar di Kotagede. Saat itu, terdapat banyak sekali pohon nangka. Buahnya yang masih muda disebut gori. Buah ini dipetik dan diolah menjadi sayur untuk memberi makan para pekerja yang jumlahnya sangat banyak.

Nah, saking banyaknya, makanan olahan dari nangka muda ini harus diaduk menggunakan alat seperti dayung. Dalam bahasa Jawa, mengaduk disebut juga hangudeg, sehingga kemudian makanan ini dinamakan gudeg.

Baca juga : Resep dan Kandungan Gizi Rendang

Seiring dengan perkembangan, masakan khas Jogja ini tidak saja ada di Jogja. Masakan favorit ini telah tersebar di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Ibu Kota Jakarta. Nah, bagi kamu penggemar masakan Jogja ini, layak untuk mencobanya dalam kemasan nasi box yang bisa dinikmati rame-rame di kantor.

Untuk mendapatkannya sangat mudah. Di kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Timur, kamu dapat memesannya di Kedai Kayumanis. Pemesanan dilakukan H-1 dengan minimal 20 box. Isinya apa saja?

Nasi Gudeg khas Kedai Kayumanis isinya: Nasi Putih, Ayam opor, Sambal Goreng Krecek, Telur Pindang, Gudeg nangka, Sambal bajak, Kerupuk udang. Untuk harga masih sangat terjangkau mulai Rp 33 ribu saja.

Yuk order, kamu cukup klik WA 0877-366-12340 atau 0878-8160-4448 #