Hanya memasak empal daging saja, tentu semua orang bisa. Namun, menyajikan hidangan empal daging yang empuk serta nikmat tentu ada rahasianya dan tidak semua orang mengetahuinya. Beruntung Anda mampir ke sini! Kami akan berikan tips rahasia agar hidangan empal daging Anda menjadi lebih nikmat.

Empal daging dengan bumbu manis gurih merupakan salah satu hidangan khas dari Jawa. Hidangan ini biasanya disantap dengan nasi rames atau nasi langgi. Sementara itu, di Jawa Barat hidangan ini lebih dikenal dengan gepuk. Biasanya, akan disajikan bersama nasi timbel dan sayur asem.

Tips Rahasia Memasak Empal Gentong

Memasak empal gentong sebenarnya merupakan hal yang sangat mudah. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui tips rahasia ini sehingga sajiannya menjadi alot dan kurang sedap. Mumpung mampir di sini, mari kita simak beberapa tips rahasia memasak empal gentong di bawah ini.

1.      Pilih Bagian Daging yang Tepat

Tips paling sederhana yang harus diingat ialah pemilihan bagian daging. Percaya atau tidak, pemilihan bagian daging yang tepat dapat menghasilkan olahan empal gentong yang lebih empuk dan nikmat.

Anda bisa memilih bagian has atau lulur daging sapi. Namun, bagian terbaik yang bisa dipilih yaitu bagian has dalam atau has luar. Bagian ini tidak mengandung banyak lemak dan hanya memiliki lapisan tipis di permukaan daging. Bersihkan lapisan putih tersebut agar tekstur daging lebih empuk saat di masak.

2.      Potong Daging Melintang

Umumnya trik yang satu ini seringkali digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah. Mereka lebih suka memotong daging dengan cara melintang serat. Tujuannya yaitu agar daging lebih cepat empuk dan bumbu dapat meresap dengan baik saat dimasak.

Sementara itu, masyarakat Jawa Barat lebih senang memotong daging dengan cara mengikuti serat sehingga terlihat memanjang dan mudah disuwir. Kedua cara ini sama-sama baik untuk memotong daging. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya Anda memotong daging secara melintang serat.

3.      Rebus dengan Air yang Cukup

Setelah potongan daging siap, saatnya dimasak bersama bumbu spesial. Jangan lupa untuk menambahkan air atau air kelapa biasa sampai daging terendam, lalu masak dengan api sedang agar bumbu dapat meresap dengan sempurna.

Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan pressure cooker atau presto. Tinggal simpan daging, bumbu, dan air secukupnya dalam wadah tersebut, lalu biarkan selama 30 menit setelah air mendidih. Perhatikan! Pastikan Anda mengisi air dengan cukup agar empalnya tidak gosong.

Resep Rahasia Empal Gentong Lezat ala Restoran

Tidak hanya tips rahasia, Anda juga akan membutuhkan resep rahasia untuk bisa membuat empal gentong yang lezat ala restoran. Di bawah ini telah kami siapkan resep rahasianya! Mari kita eksekusi!

Bahan:

  • 500 g daging has sapi
  • 500 ml air kelapa
  • Minyak goreng
  • 50 gr gula merah
  • 2 cm lengkuas yang sudah digeprek
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 lembar daun salam

Bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawag putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 sdt ketumbar
  • ½ sdt merica butiran
  • 1 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Haluskan semua bumbu yang telah disiapkan.
  2. Taruh irisan daging dalam panci, masukan bumbu halus, daun jeruk, lengkuas, dan daun salam.
  3. Tuangkan air kelapa dan gula merah.
  4. Masak dengan api sedang hingga daging menjadi empuk dan airnya surut.
  5. Angkat irisan daging, dinginkan.
  6. Geprek irisan daging hingga sedikit pipih.
  7. Masak irisan daging tersebut hingga warnanya kecoklatan.
  8. Angkat dan tiriskan. Sajian empal gentong Anda sudah siap!

Selain membuat sendiri, Anda juga bisa menikmati hidangan lezat ini di Kedai Kayumanis, lho! Yuk, temukan menu nikmat lainnya di Jl. Kayu Manis VIII No.38 Jakarta Timur. Sajiannya nikmat, harganya merakyat!