Indonesia punya bermacam-macam sajian nasi khas dari daerahnya masing-masing. Dan nasi-nasi tersebut juga biasa disantap dengan berbagai macam lauk yang berbedan dan bervariasi. Biasanya nasi khas Nusantara seperti ini dihidangkan lengkap dengan lauk, sayuran, serta perlengkapan lainnya seperti kerupuk maupun acar. Nah berikut ini ada 9 jenis nasi khas Nusantara, ada yang dari daerah asli kamu gak?

 

1. Nasi Kuning

Nasi kuning biasanya ditemukan di acara atau perayaan spesial, biasanya hari ulang tahun atau hari kemerdekaan. Dalam penyajiannya, nasi kuning dihidangan dengan berbagai lauk pelengkap, seperti orek tempe, telur balado, atau sambal goreng hati. Namun biasanya tiap daerah, nasi kuning punya lauk yang berbeda.

 

2. Nasi Liwet

Mendengar kata nasi liwet, tentu otak kita akan langsung membayangkan bagaimana nasi dengan campuran berbagai bumbu, rempah, cabai, bahkan ikan teri dimasak dalam satu ketel atau kestrol sekaligus. Dan biasanya, nasi liwet akan ditemani oleh berbagai lauk-pauk gurih lainnya mulai dari sambal, ikan asin atau cumi asin goreng, lalapan, tahu tempe goreng, dan tidak ketinggalan kerupuk. Ada dua nasi liwet yang sering di temui di Indonesia, yaitu nasi liwet solo dan nasi liwet sunda.

 

3. Nasi Kucing

Nasi kucing adalah nasi putih yang disajikan dengan sambal dan ikan bandeng atau teri, lalu kemudian dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak, dalam porsi yang sedikit dan dijual di angkringan pinggir jalan. Dan sesuai dengan namanya, nasi kucing punya porsi yang kecil seperti porsi makan kucing.

 

4. Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan kuliner Betawi yang terkenal. Kreasi nasi ini dapat dibuat dengan mudah, bahkan bisa menggunakan rice cooker. Bahan yang digunakan untuk membuatnya terdiri dari beras, santan kelapa, aneka daun aromatik, serta bumbu penyedap. Biasanya nasi uduk disajikan dengan telur dadar iris, tempe orek, bihun goreng, dan sambal.

 

5. Nasi Jamblang

Nasi jamblang merupakan kuliner Cirebon yang berupa nasi berbungkus daun jati. Umumnya penyajian nasi jamblang ialah secara prasmanan dengan berbagai lauk pauk dan banyak ditemukan di pinggir jalan. Beberapa jenis lauk yang umum disajikan seperti semur daging, sambal goreng, ikan asin, dan tahu tempe.

 

6. Nasi Megono

Bagi kalian yang tinggal di Pekalongan atau pernah singgah sebentar di kota Pekalongan, pasti tau dengan salah satu masakan khas yang beraroma buah kecombrang ini apalagi kalau bukan megono. Megono biasanya di hidangkan bersama nasi, sehari-hari disebut “nasi megono” atau “sego megono” atau bisa juga di sebut “nasi tentara” mengapa di sebut nasi tentara karena nasi dan lauk yang begitu fleksibel sekaligus enak ini dulunya makanan tentara Indonesia di Pekalongan sehari-hari.

 

 

7. Nasi Timbel

Nasi timbel banyak dijumpai di tataran Sunda. Penyajiannya mirip dengan nasi liwet, yakni dihidangkan dengan beragam lauk seperti ayam goreng, sayur asem, sambal terasi, dan lalapan. Namun demikian proses pembuatannya berbeda. Nasi timbel merupakan sajian nasi kukus yang dibungkus daun pisang. Sementara, nasi liwet sendiri dimasak dengan cara ngeliwet menggunakan kastrol.

 

8. Nasi Grombyang

Nasi grombyang menjadi salah satu makanan khas yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke kota Pemalang. Makanan yang memiliki kaya kuah ini memang menjadi makanan yang populer di Pemalang. Bila dilihat sekilas, nasi grombyang ini mirip soto atau rawon. Tapi, ia bukan soto atau rawon setelah merasakan sajian khas nasi grombyang. Nasi grombyang lebih mengandalkan daging kerbau dan kuah sebagai elemen utamanya. Irisan daging kerbau dan kuah ini kemudian dijadikan satu di sebuah mangkok kecil sebelum disajikan. Ketika dibawa dengan nampan, kuah yang melimpah seolah-olah akan meluap dari bibir mangkok. Dari kuah yang bergoyang-goyang sehingga hampir tumpah inilah yang kemudian dilafalkan dalam bahasa lokal dengan istilah grombyang.

 

9. Nasi Padang

Siapa yang tidak kenal dengan nasi Padang? Terkenal disajikan dengan rendang, ayam pop, gulai ikan, atau telur dadar, lalu disiram dengan kuah gulai yang lezat, membuat nasi Padang punya cita rasa tersendiri. Nasi Padang adalah makanan yang berasal dari kawasan Minangkabau, Sumatera Barat. Namun, sebenarnya daerah Sumatera Barat tidak hanya Padang saja. Banyak daerah lainnya, seperti Bukittinggi, Solok, Payakumbuh, dan sebagainya, yang juga memiliki makanan khasnya masing-masing. Sejauh ini, masih nasi Padang yang memiliki penggemar setia, tidak hanya di daerah Sumatera Barat, melainkan seluruh Indonesia. Dibuktikan dengan banyaknya restoran padang di berbagai daerah di Indonesia.

 

photos credit by owner

writer: NG